Beranda > Ekonomi, Info Nasional > BEI: 25% Laporan Keuangan Tak Sesuai Standar

BEI: 25% Laporan Keuangan Tak Sesuai Standar


VIVAnews – PT Bursa Efek Indonesia menyatakan 20-25 persen dari laporan keuangan 432 emiten yang melantai di bursa tak sesuai standar. Akibatnya, laporan keuangan itu harus dikoreksi.Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia, Eddy Sugito, mengatakan, tingkat kesalahan laporan keuangan berkisar 25-75 persen. “Kesalahan kebanyakan pada pola penyajian dan neraca,” kata Eddy dalam peresmian kantor akuntan publik asal Australia, Certified Practising Accountant (CPA), di Jakarta, Jumat 31 Oktober 2011. “Ini cukup memprihatinkan.”Karena itu, Eddy mengatakan, dibutuhkan perbaikan dalam pengawasan terhadap akuntan. Pengawasan, dia mengatakan, tak hanya dilakukan oleh organisasi profesi,

melainkan juga pemerintah. Eddy mengatakan, bursa hanya bisa mengingatkan dan meminta revisi atas terjadinya kesalahan penyajian laporan keuangan itu. “Bila kesalahannya sangat signifikan, kami lapor ke Bapepam-LK,” ujarnya.

Dia juga berharap, seharusnya para akuntan itu menjadi garda paling depan dan lebih sensitif dalam pelaporan keuangan di perusahaan, bukan turut melakukan kesalahan. “Tentunya, ini akan menjadi tantangan profesi akuntan ke depan,” kata Eddy. (art)
• VIVAnews

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: